Jetayu Car Free Night, Atraksi wisata yang digelar bulanan di Pekalongan.


   Jetayu Car Free Night ini merupakan salah satu atraksi wisata di Pekalongan yang diadakan rutin setiap bulan. Atraksi wisata sendiri adalah segala hal yang membuat wisatawan tertarik, memberikan kesenangan dan pengalaman yang menarik bagi pengunjung yang menikmati acara.
   Event Jetayu Car Free night ini merupakan sebuah event yang menyuguhkan hiburan dari yang tradisional hingga modern, stand-stand kuliner khas atau kuliner jaman now, pameran batik, dan fashion show. Event ini digelar dengan tujuan selain meningkatkan kunjungan wisatawan di Pekalongan dan memberikan hiburan kepada wisatawan ataupun masyarakat Pekalongan, event ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian warga dengan memberikan kesempatan untuk mempromosikan usaha nya dalam event tersebut.
Sambutan Walikota Pekalongan dalam acara Jatayu Car Free Night 5, Juli 2018

   Walikota Pekalongan sangat mendukung dengan adanya atraksi wisata yang digelar tiap bulannya, kegiatan yang positif dan menarik ini beliau yakin akan mendatangkan banyak wisatawan ke Pekalongan dan akan memberi pengalaman bagi mereka yang menikmati atraksi wisata ini. Selama ini Pekalongan belum menyuguhkan event/ atraksi wisata yang digelar tiap bulan, dan event ini digagas oleh Walikota Pekalongan bekerja sama dengan dinas terkait yaitu Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga tentunya bersama-sama dengan stakeholder pariwisata di Pekalongan serta komunitas. Semula atraksi wisata ini digelar dengan nama “Seneng-Seneng Batik” dan diganti dengan nama yang lebih menarik yaitu “Jetayu Car Free Night” pada bulan Juli, 2018 dan dikemas lebih menarik. Event Jetayu Car Free Night ini digelar di Kawasan Budaya Jetayu dengan panggung di halaman Museum batik. Digelar tiap bulan di minggu kedua dengan konsep tematik yang nggak akan membuat pengunjung maupun wisatawan bosan untuk menikmati atraksi wisata di Pekalongan ini.
   Pada bulan Agustus ini, Jetayu Car Free Night digelar yang ke 6 dan mengangkat tema kemerdekaan. Acara JCFN (Jatayu Car Free Night) pada tanggal 11 Agustus 2018 dimulai pada pukul 19.30 dengan acara pembukaan tarian tradisional dari salah satu sanggar tari di Pekalongan, dilanjutkan dengan paduan suara membawakan lagu kemerdekaan. Ohya, sedikit berbeda dengan yang sebelumnya, pada bulan agustus ini mendatangkan musisi dari berbagai daerah dan menyuguhkan “parade 100 musisi” di acara Jetayu Car Free Night ini.
Flayer JCFN #6 Agustus 2018

   Musisi dari berbagai daerah perform di atas panggung pada sabtu malam itu dengan membawakan lagu-lagu tentang kemerdekaan RI sesuai temanya di bulan kemerdekaan ini. Selain parade 100 musisi tadi ada juga yang nggak kalah menarik lhoo yaitu melukis mural raksasa. Jadi, dari komunitas perupa Pekalongan berkolaborasi untuk melukis mural raksasa yang letaknya disamping panggung, mereka melukis mulai pukul 20.00 saat acara Jatayu Car Free Night dimulai hingga selesai membuat karya “mural raksasa” ini. Ditengah para seniman mural melukis di atas panggung, ditampilkan pula fashion show batik Pekalongan oleh teman-teman dari komunitas model Pekalongan. Batik-batik yang dikenakan saat Fashion show tidak hanya diperagakan diatas panggung, tetapi juga stand batik dari berbagai pengusaha batik menjual apa yang diperagakan oleh model fashion show batik dengan tujuan ketika pengunjung jatuh hati dengan batik yang diperagakan bisa langsung membelinya di stand yang sudah tersedia di area Jetayu Car Free Night. Setiap bulannya juga menampilkan band-band lokal dari teman-teman komunitas yang tergabung dalam Waprer (Warung Apresiasi Seni).
Fashion Show Batik di acara JCFN #6 2018

   Antusias warga sangat tinggi dalam menyaksikan serta menikmati atraksi wisata nan menarik ini di Pekalongan. Pengunjung yang datang dapat bersantai ria di Kawasan Budaya Jatayu bersama keluarga, teman ataupun pacar. Penyelenggara sengaja tidak memberikan kursi-kursi untuk penonton dengan tujuan agar membaur antara masing-masing pengunjung dan bagi wisatawan dapat menikmati dengan santai bersama masyarakat yang ada disana. Karena event Jatayu Car Free Night ini dibuka untuk umum dan FREE lhoo, asik kan.
Relawan dari Great ikut berpartisipasi dalam JCFN #6 2018

   Harapan dari pemerintah kota acara menarik ini dapat berlangsung secara rutin dan dengan tema-tema yang menarik di tiap bulannya dengan mengemas dari yang tradisional hingga modern sehingga wisatawan dapat pengalaman yang mengesankan selepas menikmati acara Jatayu Car Free Night ini. Melalui atraksi wisata yang dikemas menarik ini diharapkan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan di Pekalongan dan menjadikan Pekalongan mendunia.
   Ohyaa bulan September nanti acara Jatayu Car Free Night (JCFN) ini digelar tanggal 8 September 2018 dengan tema yang tentunya berbeda dengan yang sebelum-sebelumnya. Jadi buat temen-temen yang pengen menikmati event ini yuk lingkari tanggalnya dan cuss ke Pekalongan. Cocok banget malam minggu ke Jetayu Car Free Night, terus minggunya jalan-jalan ke destinasi wisata di Pekalongan dan icip-icip kuliner khas Pekalongan hahai

Komentar

  1. Semoga dgn adanya even ini Kota Pekalongan semakin semarak, ktnya ada geng drummer yaaa... Soal kuliner nya gmn kak...

    BalasHapus
  2. JCFN y.a.d tgl 8 September ya..lingkari kalender dulu ah...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mie So Makanan khas Krapyak, Pekalongan

10 kuliner khas Pekalongan yang wajib kamu coba dan pastinya bikin nagih.

Hatiku Senang, Pikiranku Tenang di Hotel Puri Asri Magelang