Mie So Makanan khas Krapyak, Pekalongan

Mie so, salah satu makanan khas Pekalongan. Terdengar asing ya ditelinga kata-kata mie so ini. Awalnya aku ngira mie so itu mi bakso udah gitu aja. Ternyata bukan hanya mi bakso. Mie so itu makanan khas Pekalongan khususnya daerah Krapyak. Apasih mie so? Yuhuuu aku jelasin sejarah singkat mie so khas Krapyak ini. Mie so itu singkatan dari Mie kulit So, maksudnya mie bakso dengan tambahan kulit so hehe. Mie so ini sudah ada sejak jaman nenek moyang, dan jaman dulu mie so hanya disajikan untuk tamu-tamu yang berkunjung ke rumah warga Krapyak ketika Syawalan dan Sya'banan. Dan, mulai tahun 1990an sebagian warga Krapyak mulai berjualan didepan rumah mereka. Mie so pada waktu itu isinya mie, krupuk mie, dan kulit so yang dikuahi saja tanpa ada tambahan topping yang lain, dan masih dengan harga 100 rupiah. Jadiii, ternyata makanan yang sedang kekinian ini sudah ada sejak aku belum lahir, mantappp yaa.
Mie so ini sekilas hampir sama dengan bakso biasa, tapi yang bikin mie so ini berbeda dengan bakso biasa yaa tambahan kulit so dengan warna merah merona ini, dan kuahnya juga beda rasanya. Kuah mie so ini lebih berasa segernya dan lebih melekat rasa dagingnya. Sudah kebayang kann betapa swegernyaa mie so ini haha



Mie so yang awalnya semangkok isinya mie, krupuk mie dan kulit so ini, sekarang banyak varian yang dikembangan penjual mie so di Krapyak ini. Yang paling hits disini itu Mie So dengkil. Nah, dengkil sapi yang biasanya dipakai untuk kaldu kuah bakso saja, ini dipakai untuk varian mie so.
Warung-warung mie so bisa kalian temukan di sepanjang jalan Jlamprang, Krapyak Pekalongan. Mie so Krapyak yang recomended mie so "Mbak Maimanah". Mbak Maimanah ini sudah mulai berjualan mie so sejak tahun 2010 dari mulai menu mie so biasa dan mie so puyuh saja. Di warung itu bukan hanya dengkil yang untuk tambahan mie so ini, ada telur puyuh, bakso, dan iga. Selain komplit variannya, kuahnya lebih seger dan harganya lebih miring dibanding yang lainnya. Rame bangettttt di warung mie so "Mbak Maimanah" ini, buka dari jam 10 pagi dan biasanya jam 2 siang sudah habis. Aku nge recomend in warung yang ini karena menurutku mie so paling enak disini, aku udah nyoba hampir semua warung mie so yang ada di Krapyak, tapi B azaaaa gitu rasanyaa. Hehe

Menu yang sering aku pesen, Mie so spesial tanpa so yang isinya mie, bakso, telur puyuh, krupuk mie, dengkil, dan iga. Seporsi hanya 17k, dijamin kenyang dan ketagihan sih. Jadi buat nyicipin seporsi mie so disitu ngga perlu merogoh banyak uang disaku kalian.


Bukan hanya mie so spesial, tapi banyak pilihannya sesuai isi hati kalian. Nah ini menu dan harganya.

Lokasi warung mie so "Mbak Maimanah" ini juga gampang dijangkau karena letaknya pinggir jalan, tepatnya Jl. Jlamprang Krapyak, depan Sd Negeri Krapyak Lor 1. Tempatnya ngga luas sih, sederhana layaknya warung-warung biasa, tapi tetap nyaman kok.

Yang penasaran mie so, jangan lupa mampir nyicipin makanan khas Krapyak Pekalongan ini. Enake pok pok an hahaha

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 kuliner khas Pekalongan yang wajib kamu coba dan pastinya bikin nagih.

Hatiku Senang, Pikiranku Tenang di Hotel Puri Asri Magelang