Serpihan Surga di Karimunjawa


     Kamu jenuh dengan aktivitasmu ? Keluarlah dari zona penatmu, luangkan waktu untuk liburan menikmati alam nan indah ini haha. Travelling tentunya bisa membuat pikiran seseorang menjadi pulih dan juga segar kembali. Yakinlah setelah berlibur kamu makin semangat menjalani aktivitas, otak jadi syegeer haha. Tentunya dalam travelling harus memilih sebuah tempat yang cocok untuk dijadikan tempat menghilangkan penat. 
       Nah, Karimunjawa ini cocok banget jadi tempat tujuan travelling kamu untuk menghilangkan penat, apalagi menikmati keindahan pulau-pulau di Karimunjawa bener-bener seger deh pikiranmu nanti hihi. Di postingan sebelumnya aku udah cerita hari pertamaku tour darat di Karimunjawa, kali ini aku bakal berbagi cerita hari kedua ku di Karimunjawa, tour laut. 

Persiapan menunggu kapal kecil yang akan membawa kita tour laut hari ini

       Hari kedua kita akan tour laut, jam 8 pagi kita sudah beranjak menuju dermaga kecil untuk berkeliling pulau dengan kapal kecil. Sebelum naik kapal kita harus pakai pelampung dulu, biar aman dong. 
Siap mengarungi lautan nih kita berpelampung haha
  Setelah selesai semua penumpang pakai pelampung, bapak pemandu yang di kapal menjelaskan secara singkat apa yang harus kita lakukan selama trip laut ini dan mau kemana saja kita seharian itu. Asyikkkk banget ternyata naik kapal menyusuri laut memandang indahnya laut lepas di pulau Karimunjawa. Awalnya lumayan was-was untuk tour laut di Karimunjawa ini karena aku nggabisa renang, ya walaupun snorkling pakai pelampung tapi tetep aja ada rasa dagdigdug bayanginnya haha.  Ini beberapa spot tour laut selama di Karimunjawa:

1. Penangkaran hiu kencana di Pulau Menjangan Besar
      Dari dermaga kecil menuju ke pulau Menjangan besar ini ditempuh waktu kurang lebih 15 menit. Setelah sampai di penangkaran hiu kencana yang terletak di pulau menjangan besar ini, aku langsung menuju ke kolam penangkaran hiu tadi dan bener-bener takjub dengan banyaknya hiu disitu, merinding sih karena gendut-gendut hiu nya haha. 
View penangkaran hiu kencana
       Setelah diberi penjelasan tentang penangkaran hiu ini, aku dan teman-teman di persilahkan untuk masuk dan nyebur ke kolam penangkaran hiu itu. Awalnya aku merinding dan takut sih, secaraa hiu hewan ganas gituu lho masa aku mau sekolam sama mereka huhu. Tapi ketika pak pemandunya bilang "aman mbak yang penting tangannya jangan sampai masuk ke dalam air ya", aku memberanikan diri karena kurang greget aja kalau dah sampai sana tapi nggak mencoba salah satu yang harus dicoba disana, pengalaman cuy haha. Masuk kolam dengan sedikit jeritan takut, tanganku yang terus ku angkat ke atas, dan pas udah di dalam kolam beneran deh hiunya mengitari badanku itu yang bikin dag dig dug melebihi getaran hati di deketin doi eyaaa. Ngga mau lama-lama di dalam kolam, sudah merasakan dan sudah ada pengabadian momen cukuplah. Ya walaupun difoto dengan wajah takut haha. 
Percayalah aku dagdigdug karena kesenggol si hiu haha
    Di penangkaran hiu ini ada 2 kolam dengan 2 jenis hiu, yang kolam pertama tadi hiu putih terkenal lebih ganas dari hiu hitam yang ada di kolam kedua. Pak pemandu tadi bilang "ayo ke kolam kedua disana bisa renang bareng hiu, aman kok ngga ganas". Tapi aku bayangin renang sekolam sama hiu, whattt? Bayanginnya kalo tiba-tiba dia lapar dan menganggapku makanan lezatnya hahhaa.
Ngga ada fotoku pas renang bareng hiu, ini yang difoto Mas Agung deh adanya haha
   Dengan melawan ketakutanku dengan rasa penasaranku, aku berani dong renang sekolam bareng hiu. Dan ternyata asik-asik merinding sih, ngga berani lama renang disana, 5 menit cukup lah merasakan. Sudah puas bermain bareng hiu-hiu sahabat kita, selanjutnya kembali memakai pelampung dan naik kapal menuju spot snorkling yang pertama masih di pulau menjangan.

2. Snorkeling di pulau menjangan kecil
   Perjalanan dari penangkaran hiu kencana menuju spot snorkeling di Pulau Menjangan Kecil sekitar 15 menit. Dalam perjalanan aku ngumpulin nyali untuk berani snorkeling karena nggabisa renang haha. Pas udah sampai di spot snorkeling, parkir kapal dan aku bersiap memakai perlengkapan snorkeling. Ready to snorkeling horayyyyy. Dengan perlengkapan snorkeling aku terjun ke dalam laut, bener-bener takjub, indah buangettt pemandangan bawah laut. Ikan-ikan yang lucu nan menggemaskan, terumbu karang yang besar dan indah.
Masih lengkap dengan alat snorkeling nih hehe
    Ahh pokoknya di dalam lautan ngga pengen selesai menyelami dan menikmati keindahannya hehe. Aku dan teman-teman berkesempatan foto underwater lho dengan didampingi pemandunya. Sempet takut buat foto underwater sih, tapi kata pak pemandunya "gapapa mbak gausah takut, aman kok didampingi kami". Nahh kalimat itu yang bisa membuatku berani, oke bersiap foto underwater. Untuk yang pertama foto underwater dengan peralatan snorkeling masih lengkap, dengan hitungan dari pemandu "hitungan 2 tahan siap menyelam ya mbak", dengan tegas jawab 'oke pak siap". Foto yang pertama gagal sih karena aku terlalu maju mendekati kamera, harusnya menyelam diem aja biar ngga begitu deket dari kamera, cukup berpose di bawah laut. Oke setelah diulangi kedua kali aku cukup menyelam dan berpose, ya walaupun posenya tetep kelihatan ngga santai sih haha. Gantian temen-temen lain foto underwater ini. 
    Pas lagi asik snorkling dan menikmati keindahan biota laut di pulau menjangan kecil ini, pak pemandu tadi manggil aku dan minta aku foto underwater lagi tanpa pelampung dan alat snorkling yang lain. Oh wow panik deh aku, secara aku nggabisa renang, nggabisa buka mata di dalam air masa iya suruh foto underwater tanpa alat snorkling. Tapi ya pengen juga sih biar lebih bagus juga hasilnya lebih mempercayai itu wajahku haha. Dengan takut aku bilang ke pak pemandu "pak tapi aku takut, pegangi ya pak pokoknya jagain aku." hihi saking panik awalnya. Pas pemandu jawab "siap, lepas dulu pelampung nya tak pegangi". Ya emang bener mulai dari lepas pelampung aku udah pegangan pak pemandu itu, dan ketika beliau bilang kalau hitungan ke 2 nanti langsung nyelam dan tahan nafas aku langsung mengangguk pertanda aku siap. Hitungan ke 2 terdengar aku langsung nyelam dan tahan nafas, berusaha buka mata tapi nggabisa selebar biasanya haha. Ngga lama langsung naik lagi, pak pemandu langsung megangi tanganku nyerahin pelampung dan kupakai lagi, lanjut snorkling lagi sampe puas deh.

Masih dengan kacamata snorkeling
Lepas semua peralatan snorkeling, dan wajahku ngga terkondisikan hahaha
       Bersyukur banget sih dapet kesempatan untuk menikmati satu dari sekian banyak keindahan alam yang Allah ciptakan. Lautan yang bening dan bersih ini harus kita jaga biar nanti anak cucu ku bisa menikmati keindahan laut Indonesia. Puas snorkling di pulau menjangan kecil, kita lanjut perjalanan ke pulau gleyang untuk menikmati keindahan laut disana sekaligus makan siang bersama asyikkkk.

3. Pulau gleyang
      Perjalanan ditempuh sekitar 20 menit dari pulau menjangan kecil menuju pulau gleyang ini. Di pulau gleyang ini ombaknya lumayan sih ngga setenang di pulau menjangan kecil tadi hehe. Setelah kapal parkir dengan baik, aku dan temen-temen turun ngga sabar menikmati indahnya pulau gleyang ini dengan berpotret ria, bermain-main di tepian.
Kak Mara dan Kak Tina asik main air di tepian 

4 putri dayang di tepi pulau gleyang 

     Di pulau gleyang ini aku disuguhkan oleh air laut yang jernih, pasir putih yang bersih, dan pepohonan yang sangat rindang mengelilingi pulau ini. Terlihat lebih indah dan menarik. Air tepi pantai yang sangat jernih, jadi aku dan teman-teman bebas bermain-main di tepi pantai, berjalan-jalan di tepi pantai sambil foto-foto hihi. Pulau Gleyang ini masih asri dan juga bersih tanpa sampah berserakan dimana-dimana. Di tepian pantai ada spot foto ayunan di atas laut juga lho, keren foto disitu hihi.
    Di bawah pepohonan juga banyak digantung hammock dan ayunan, jadi aku pun memilih ngadem di ayunan sambil menikmati keindahan pulau gleyang ini. Nyaman banget sih sampe ngantuk saking syahdunya apalagi ditemenin doi pasti tambah syahdu dong haha.

   Setelah ngantuk menimati keindahan pulau gleyang di atas ayunan dan jalan-jalan berfoto ria di tepi pantai, aku pun pindah ke area belakang dimana disana ada warung dan disampingnya tempat untuk bakar ikan. Aku dan temen-temen ngobrol sambil ngopi di warung itu sambil nunggu makan siang siap disajikan haha
Ngopi + ngobrol di warung tepi pantai gleyang
Photo by kulkasgendong
Nggak lama ternyata sudah matang ikan bakar dan nasi nya, dari aromanya ngga sabar pengen cepet-cepet melahapnya *ups. Ikan bakarnya berbagai jenis, ada ikan kakaktua, ikan kakap merah, ikan bawal, dan lain lain. Aku memilih nyicip ikan kakaktua, karena penasaran juga selama ini aku tau nya burung yang namanya kakaktua, ternyata ini ada ikan kakaktua haha. Ikan bakar ini disajikan dengan sambal pulau. Sambal yang diracik dari potongan cabai dan tomat, irisan bawang merah, kacang tanah sangrai yang ditumbuk kasar, siraman kecap manis, dan perasan air jeruk. Mantap disantap dengan nasi putih pokoknya bener-bener bikin nambah nasi terus deh.
Nih penampakan ikan kakaktua bakar plus sambel pulau, sedappp
Sensasi makan ikan bakar di pinggir pulau gleyang ini bener-bener asik, apalagi ramean bareng temen-temen, rahat sekali dan bikin kangenn.

Rahat abis nih, bakal kangen suasanya begini.
Photo by kulkasgendong
     Setelah selesai makan semua, kita bersiap naik ke kapal dan melanjutkan perjalanan berikutnya menuju pulau gosong .Wahh namanya pulau gosong, siap-siap bergosong ria dong. Haha

4. Pulau gosong
   Perjalanan dari pulau gleyang menuju pulau gosong ini lumayan lama kata pemandu nya, sekitar 30-45 menit lah jadi bisa sambil istirahat tidur diatas kapal hihi. Di perjalanan aku di ceritakan sedikit tentang pulau gosong ini, pulau gosong ini merupakan pulau tak berpenghuni, dan uniknya pulau ini terdapat pasir putih ditengah laut dan pasir itu akan terlihat ketika air surut, kalau pas air pasang ya ngga terlihat pasir putih ditengah pulau itu.
   Nah sesampainya di pulau gosong ini, ngga kelihatan tuh pasir putih ditengahnya karena ternyata lagi pasang air lautnya, tapi tetep indah pulau gosong ini dengan biru bening air lautnya. Kapten kapal menambatkan kapal di area snorkeling. Agar tidak merusak terumbu karang, awak kapal menyelam lalu kengikatkan tambang ke karang keras di dasar laut. Sambil menunggu awak kapal mengikatkan tambang di karang keras didasar laut tadi, aku dan teman-teman bersiap memakai peralatan snorkeling. Setelah kapal terparkir dengan aman, mulailah aku dan teman-teman menceburkan diri ke lautan pulau gosong ini.
Byurrrrr, syeger.
     Keindahan alam bawah laut di pulau gosong ini tak kalah indah dengan di pulau menjangan kecil. Terumbu karang nan indah dan ikan-ikan kecil menggemaskan membuat mataku tak henti menikmati keindahannya. Dan aku menemukan banyak ikan nemo yang lucu abissss. Selama ini cuman bisa lihat ikan nemo di kartun dan gambar-gambar sampul buku aja, kali ini berkesempatan memandangnya lebih dekat. Seperti di spot snorkeling yang pertama, kita berkesempatan foto underwater juga didampingi pemandu yang siap menjaga kita-kita haha. Aku request ke pemandu untuk bisa foto underwater di sekitar terumbu karang yang banyak ikan nemo berkumpul dan akhirnya request ku terpenuhi. Bahagia tiada tara haha.
Nemonya gemesss ya. Difotoin pemandunya hehe
Halo ikan nemo yang lucu. 
      Betah banget snorkelingan di pulau gosong ini, walaupun di siang bolong jam 2 siang tapi tetep aja merasakan kesegaran di dalam laut menikmati keindahan alam bawah laut ini. Sekitar 30 menit berlalu kita ber snorkeling ria di pulau gosong, saatnya naik ke kapal untuk melanjutkan perjalanan selanjutnya menuju pulau cemara kecil.

5. Pulau cemara kecil
     Spot terakhir dari tour laut Karimunjawa kita hari ini yaitu pulau cemara kecil. Pulau cemara kecil merupakan pulau yang membuat aku bener-bener tercengang, di mana terdapat gradasi warna air laut, karang yang indah, pasir yang sangat putih dan desiran ombak yang lembut membuatku betah ingin berlama-lama bermain di sana.
Indah banget kan gradasi warna lautnya
      Di pulau cemara kecil ini aku dan teman-teman memilih untuk berenang asik disana tanpa menggunakan alat snorkeling karena kedalamannya yang kurang dari 2 meter ini. Disini di puas-puasin main airnya karena setelah dari pulau cemars kecil kita kembali ke Java Paradise Resort untuk istirahat.
Genpi Jateng at Pulau Cemara Kecil
Bener-bener seger nih mata menikmati keindahan pulau cemara kecil ini. Bermain air, foto-foto selama setengah jam cukuplah karena waktu udah sore, waktunya mengakhiri tour laut hari ini dan melanjutkan perjalanan ke dermaga.
    Perjalanan dari  pulau cemara kecil menuju dermaga sekitar 30 menit. Di tengah perjalanan kita sambil menikmati indahnya sunset ditengah laut lepas ini, sungguh indahhhh mempesona. Senjaa selalu indah pokoknya. 
Menikmati senja diatas kapal
     Akhirnya sampai juga di dermaga sekitar pukul 17.00 dan langsung kembali ke resort. Sesampainya di Java Paradise Resort, masuk kamar langsung mandi plus nyuci baju yang basah tadi haha. Pas mandi sempet ngaca dan wow gosong banget nih wajah karena ber panas-panas ria seharian, tapi nggapapa dong tetep bahagia tak terhingga hihi.          Setelah seharian bermain air di lautan pulau Karimunjawa, malam hari nya kita menikmati dinner di tepi pantai belakang Java Paradise Resort ini. Suasananya romantis banget lho makan malam dipinggir pantai, apalagi kalau kalian kesini bareng doi (kekasih halal) ah nikmat tiada tara deh hihi. Menu makan malam kali ini ikan bakar, cumi asam manis, tumis, dan sambal.
Menu dinner di tepi pantai 
Malam terakhir di Java Paradise Resort dengan suasanya yang syahdu begini bikin ngga pengen pulang deh.
Kebersamaan di malam terakhir at Java Paradise Resort
Photo by kulkasgendong
     Pokoknya puas banget dengan pelayanan dari Java Paradise Resort, dari mulai fasilitas kamar, fasilitas makan, fasilitas wisata selama di Karimunjawa, bener-bener memuaskan. Kapan-kapan ke Karimunjawa lagi dan bobok di Java Paradise Resort lagi ah, semoga bareng kekasih halalku kelak haha. Aamiin. Terimakasih Java Paradise Resort
  Buat kamu yang berencana liburan ke Karimunjawa, aku menyediakan paket wisata kesana, kita ada paket 2 hari 1 malam sampai 4 hari 3 malam dengan paket kapal siginjai atau express bahari dengan harga terjangkau, dan pasti nyamannn. Langsung aja chat via WA buat pemesanan atau info lebih lanjut ya :)
Whatsapp : 085728213937

Semoga artikel ini bermaanfaat buat kamu ketika kamu berencana berwisata ke Karimunjawa♡

Komentar

  1. mesti kamu meh nulis bye kulkasgendong, :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bye byee wkwkwkwkw jangannnnnn. Foto lagi ntar kitaa, kutunggu di Pekalongan mas wkwk

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mie So Makanan khas Krapyak, Pekalongan

10 kuliner khas Pekalongan yang wajib kamu coba dan pastinya bikin nagih.

Hatiku Senang, Pikiranku Tenang di Hotel Puri Asri Magelang