Memperingati World Cleanup Day: Pemerintah Kota Pekalongan gelar aksi sapta pesona dan bersih pantai pasir kencana Pekalongan.

   Destinasi wisata Pantai Pasir Kencana menjadi sasraan aksi sapta pesona pada peringatan World Cleanup Day (hari bersih sampah sedunia). Ratusan peserta yang berasal dari TNI POLRI, SKPD, Komunitas, Pegiat Wisata, dan pelajar berpartisipasi dalam aksi bersih sampah di obyek wisata yang berada di kelurahan Panjang Wetan, Pekalongan ini. Gerakan bersih sampah ini sekaligus mendukung Sapta Pesona Wisata. 
Foto bersama Tim Pariwisata Pekalongan

    Aku ikut serta acara tersebut mewakili dari Genpi Pekalongan. Berangkat sendiri sih memang menuju lokasi, tapi udah janjian bareng temen-temen Blogger, PHRI, Duta Wisata, dan temen-temen pegiat wisata lainnya ketemu di lokasi. Acara bersih pantai ini dimulai pukul 06.30, dan dibuka oleh Sekretaris daerah Pekalongan, ibu Sri Ruminingsih. Setelah acara pembukaan, semua peserta diberi 1 kantong sampah dari panitia.        Setelah satu peserta mendapat 1 kantong sampah, mulailah kita semua menyebar ke sekitar Pantai Pasir Kencana. Aku berjalan menyusuri tepian pantai bareng temen-temen dari Pesonna Hotel Pekalongan, Duta Wisata Pekalongan, PHRI, dan banyak lagi lainnya.
Beraksi bersih sampah
Baru jalan berapa langkah sudah menemukan sampah-sampah plastik, bungkus rokok di spot gazebo yang ada di tepi pantai. Ya walaupun di samping-samping gazebo udah di sediakan tempat sampah, tapi tetep aja masih banyak sampah berserakan disekitarnya. Oh iya, untuk kantong sampah yang digunakan untuk mengumpulkan sampah-sampah itu nantinya bakal ditimbang seberapa banyak sampah yang peserta bawa. Yang terberat akan mendapatkan hadiah, wah makin semangat kan bersih-bersihnya haha.
   Sepanjang jalan yang aku susuri untuk memungut sampah-sampah, banyak banget yang aku temuin selain sampah-sampah plastik, bungkus rokok, dan dedaunan. Aku nemuin sampah yang berupa popok bayi, tikar bekas yang udah rapuh gitu (kaya hati aku) haha, dan ada banyak ditemukan baju-baju bekas yang udah rapuh pula di sela-sela batu di tepi pantai. Miris kan liat sampah-sampah begitu di destinasi wisata dimana tempat itu banyak dikunjungi oleh masyarakat luar daerah Pekalongan. Ayo ah peduli kebersihan, cinta alam biar alam mencintai kita pula. Nggamau kan kita ngga dicintai alam? Harus saling mencintai, karena cinta sendirian itu ngga enak haha.
Semangat berburu sampah

    Sekitar satu jam setengah aku dan temen-temen menyusuri pantai pasir kencana untuk berburu sampah, terkumpul juga setumpuk sampah di kantong sampah yang aku bawa. Yang tadinya kantong sampah bersih, kosong akhirnya terisi penuh sampah-sampah yang ada. Berat gilakkk bawanya, gak kuat bawa sendiri dan akupun join bawa kantong sampah bareng temen-temen dari Pesonna Hotel Pekalongan.
Bergandeng sampah hihi
 Bergandeng sampah gitu lho kita kita ahihi. Lantas, mau dibawa kemana sampah yang udah ada di kantong sampah tadi? Dibawa ke pengumpulan bank sampah yang ada di bagian pojok obyek wisata pantai pasir kencana ini. Pas udah sampai bank sampah, saatnya mengantri ria buat ditimbang nih sampah yang aku kumpulin tadi. Dapat berapa kilogram ya aku? Haha. Yay giliranku menimbang berat badanku. Eh nggak ding haha. Saatnya menimbang berat sampah yang aku bawa tadi, dan taraaa.... dapat 10kg sampah yang aku bawa di dalam kantong sampah tadi.
10kg sampah
Lah, berat juga ternyata haha. Udah mungut sampah, udah ditimbang, saatnya cuci tangan biar kuman-kuman nakal nggak singgah di tubuh.
   Capek juga bersih sampah di pantai pasir kencana, tapi capekku terkalahkan sama bahagiaku bisa kumpul dan melakukan aksi sapta pesona bareng temen-temen komunitas pegiat wisata Pekalongan yihaaa. Udah cuci tangan, saatnya sarapan pagi nge charge tenaga. Ternyata acara aksi sapta pesona dan bersih pantai ini ngga cuman sampai menimbang sampah tadi lho, ada acara hiburan berjoget dan berdendang ria di atas panggung. Ini nih yang bikin happy banget haha. Auto joget denger musik dangdut, joget santai dari kejauhan aja sih awalnya. Eh akhirnya naik panggung juga bareng tim hore pariwisata Pekalongan haha. Seru-seruan aja di atas panggung nyanyi sambil joget ria bareng temen-temen duta wisata Pekalongan. 
Hoa hoe diatas panggung
Ngga tau deh kalo udah pegang mic dan iringan musik langsung tancap. Selagi ada kesempatan seru-seruan bareng ya AYO aja, ya nggak sih hihi. 
    Sekitar jam 9 pagi, acara peringatan world cleanup day selesai. Harapannya sih ngga cuman diadakan sekali ini dan di tempat wisata ini saja, tapi bisa diadakan rutin di tiap destinasi wisata. Sapta pesonna merupakan wujud dari sadar wisata, khususnya menciptakan lingkungan kondusif yang mampu mendorong tumbuh dan berkembangnya industri pariwisata. Ayo bersama kita budayakan Sapta Pesona. 

Komentar

  1. Git, biasanya kalau bersih pantai gini nemu kondom. Kamu nemu kondom nggak kemarin? Hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nahh ituuu , nemu bungkusnya 2 mas nemu bekasnya 1 wkwkwkwkwkwk identik ya pasti ditemukan dipantai mas hahaha

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mie So Makanan khas Krapyak, Pekalongan

10 kuliner khas Pekalongan yang wajib kamu coba dan pastinya bikin nagih.

Hatiku Senang, Pikiranku Tenang di Hotel Puri Asri Magelang